DARIPADA NUBRUK TUKANG SATE (Pesan untuk Penglaju)



Bisa jadi lho.. kalo pas posisinya kita naik motor, terus pada saat itu hinggaplah rasa ngantuk yang nggak ketulungan. Bahkan bisa sampe tidur pada sepersekian detik dijalanan yang lalu lalang kendaraan, walhasil tukang sate dipinggir jalan yang gak salah apa-apa bisa langsung ditubruk gitu aja gegara si pengendara ketiduran dijalan. Huhuhu. Ini bukan cerita fiksi lho. Soalnya udah ada yang pernah ngalamin. Hehehe kagak usah tanya ya siapanya XD.

Nah, terus kudu gimana dong biar tetep stay on focus apalagi kalo pas dijalan? Oke, berikut ini ada sedikit tips yang bisa kalian lakukan. Udah pernah dicoba juga, dan ‘worth it’ banget dah! 

Jadi, kalo kita bengong, ngantuk, dll itu biasanya karena gak ada sesuatu yang fokus untuk kita pikirkan. Nah, coba mulai sekarang kita biasakan untuk mengingat atau memikirkan sesuatu yang paling penting dalam kehidupan kita. Kira-kira apa ya? Udah ketemu jawabannya? Yak bener banget! So pasti  Allah Azza Wa Jalla-lah yang tiada pernah tertandingi betapa pentingnya Ia dalam kehidupan kita, yang lain gimana? Yang lain bisa juga kita pikirkan, tapi prioritasnya harus ditempatkan dibawah-Nya ya.

Nah terus  caranya gimana dong? Sabar Bro, kalian bisa melakukannya sambil dzikir, mengagumi alam ciptaanNya, ngulang-ngulang hafalan qur’an, berdoa, dll. Doa orang yang dalam perjalanan juga termasuk doa-doa yang istijabah lho, apalagi perjalanannya juga dalam rangka menuntut ilmu, wah bisa berlapis-lapis tuh berkahnya. Bukankah menuntut ilmu juga salah satu jihad fii sabilillah?

Jadi,  sebisa mungkin kurangi nyanyi-nyanyi  yang gak jelas itu ya! mending kalo suaranya merdu gitu, lah kalo kagak? Mohon dikondisikan ya. Lagipula, kalo ada pilihan buat yang manfaat kenapa pilih yang bisa mendatangkan mudharat?

                “Lah bukannya nanti malah gak konsen ya? Kalo nyetir motornya sambil nginget-inget hafalan qur’an atau hadist?” apalagi kalo hafalannya gak nambah-nambah malah minus terus. #duhtepokjidat

Yah, yang komentar begitu udah pernah nyobain belum? Cobain dulu deh, dan rasakan gimana rasanya. Hehehe. Ya, emang sih metode hafalan tiap orang beda-beda. Ada yang kalo mau muroja’ah hafalan harus ‘me time’ banget dan menjaga adab-adabnya. Itu mah bagus banget.  Tapi ada juga opsi kalo mau mengisi waktunya selama diperjalanan biar waktunya gak  terbuang sia-sia, atau cuma bengong doang, nyanyi-nyanyi geje, ngelamun, apalagi tidur. Nah, aktivitas muroja’ah diperjalanan ini bisa jadi alternative untuk mengisi waktu, namanya juga masih berproses jadi mari belajar bareng-bareng tanpa saling menvonis satu sama lain. 

Berdasarkan itung-itungan penulis yang notabene seorang ‘Rider’ alias penglaju a.k.a pengendara motor kalo mau berangkat kuliah dari rumah yang ada di Bantul selatan sampe Kampus di Sleman. Waktu yang dibutuhkan untuk menempuh perjalanan dari rumah sampe kampus kira-kira bisa ditempuh selama  45-50 menit’an dengan kecepatan berkisar antara 70-80 km/jam, itu belum kalo ada pengalihan jalan, macet, kehabisan bensin, ban bocor, dsb lho ya. Hehe. Biar gampang kita bulatin aja ya angkanya jadi 1 jam.  Nah, jika dihitung berangkat dan pulangnya, berarti kan 2 jam sudah terbuang dijalan. Waktu yang lumayan kan ya kalo disia-siakan? 

Biasanya kalo mau buat mengulang-ulang hafalan bisa dapet tuh sekitar 1 juz, ini kalo gak ‘seret’. Hehehe
Kalo buat tilawah kan biasanya juga gak sampe 1 jam udah bisa selesai 1 juz to? 

Atau kalo mau buat dzikir al-ma’tsurat juga bisa kelar tuh sekitar  4-5 kali ulangan. Itu baru perjalanan berangkatnya. Pun sama dengan perjalanan pulangnya, jadi dalam sehari bisa dapat 2 juz. Itu belum sama tilawah atau muroja’ah harian yang bisa kita lakukan diluar perjalanan. 

                “Lah kan hafalanku juga belum nyampe ber-juz-juz? Terus apa yang mau dibaca?”

Oh jangan salah, baca aja ayat sehafalnya, apa yang sudah kita hafal, diulang-ulang terus. Sungguh tidak akan pernah ada yang hilang dihadapan Allah, bahkan sehuruf pun. InsyaAllah tetap ada nilainya. Khusnudzon saja sama Allah. Karena suara yang sering membaca dan mengulang-ulang bacaan Al-Qur’an insyaAllah akan dikenali penduduk langit. Maka, bisa jadi pula Allah akan mendatangkan perlindunganNya kepada kita, agar kita senantiasa aman dan selamat sampai tujuan. Satu hal yang mesti kita yakini, Allah pasti tidak akan pernah menyiakan hamba-Nya yang terus dan senantiasa berlari mendekat padaNya.

                “Duh, emang kudu segitunya ya? kan udah capek kali kuliah seharian, dijalan pake acara harus setor hafalan, dzikir, dsb. Nanti malah tambah capek dan bikin gak fokus dijalan”.

                Hmm, rasional sih. Tapi ini pilihan kok. Monggo, mau dicobain boleh, enggak juga gapapa, Tafadhol Bro!

Mungkin kalimat terakhir ini juga bisa menjadi pengingat untuk kita semua, bahwa kita tidak pernah tau, pada saat seperti apa kita akan dipanggil menghadapNya? Jangan-jangan pas kita lagi diperjalanan, naik motor, naik angkutan umum dsb? Wah kan eman-eman banget to kalo pas kita menghadapNya ternyata pas lagi ngelamunin yang diharamkanNya, atau lagi ngulang-ngulang hafalan tapi hafalan lirik lagu-lagu jahil yang kita lantunkan disepanjang perjalanan. Na’udzubillahi min dzalik.

Semoga hati-hati kita senantiasa dipekakan terhadap kebaikan sekecil apapun agar kita dapat melakukannya, dan dipekakan pula pada kemaksiatan sekecil apapun agar kita dapat menghindarinya. Salah pastilah ada dalam tulisan ini, nasehatilah kami selayaknya saudara, bukan pihak yang ingin dibenci. Wallahu’alam bi showab.
               
               
               


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Merajut Cinta

Ketika Ikhwah Jatuh Cinta

Perkenankanlah Aku MencintaiMu Semampuku