Rohis Street Boys

             Mendung masih mengantung di atas sana, kulihat beberapa anak tonti sudah meninggalkan lapangan sejak tadi, sementara kulihat jam menunjukan pukul 16.56 aku baru saja keluar dari mushola ini. Sebenarnya sudah sejak tadi aku berada disini, pamitnya sih sholat ashar tapi sebenarnya mencuri-curi waktu untuk menghindar dari latihan baris-berbaris sore ini, herannya tak ada satupun dari mereka yang mencariku. Mungkin terlalu sibuk atau entahlah. Kemudian pikiranku kembali pada sosok itu, masih ku ingat dengan jelas wajahnya yang teduh ketika bersimpangan dengaku di koridor depan kelas X7. Aku tau dia pasti tak tahan melawan pesona ketampananku yang membuatnya tersipu ketika bersimpangan tadi siang. #eaa
                Titik-titik air perlahan mulai berguguran, bau tanah yang amat kusukai menyeruak mengaktifkan saraf-saraf pembauku yang merindukan kesejukan seperti ini. Kupercepat langkahku dan bergegas untuk pulang.
***
“Apa? Lu mau nembak Nabila?”, seru David kaget.
“Ssst… jangan keras-keras!”, kataku yang langsung membekap mulut ember David.
“Wah gila kau Lang! bukannya baru kemarin Lu mutusin Annisa. Eh main nembak Nabila. Lu kagak tau apa Nabila itu siapa?”, kata David sok bijak.
“Emangnya kenapa kalo dia anak Rohis?”,  tanyaku .
“Bukan itu, udah deh Lang mendingan sekarang Lu belajar nyang bener dulu deh, Nabila mah gak bakalan mau sama cowok model brandalan kayak Lu, Lu benerin dulu deh Lu punya sikap, pikirin tuh Ujian Semester. Nyebut Lang nyebut!”.
“Ah gak asik Lu Vid, siapa bilang Nabila bakalan nolak Gue? Lu liat aja ntar, gak ada yang bakalan bisa menolak pesona Gue, Hahaha”.
“Terserah apa Lu kate aje Lah Lang, pusing Gue mau ngomong apa juga sampe berbusa kagak bakalan Lu dengerin”.
“Hahaha, emang! Yaudah sono bayarin soto Gue Vid, Lu kan sohib terbaik Gue. Oke Bro?” kataku yang langsung cabut meninggalkan David di bangku kantin.
“Enak aja, Lu bayar sendiri sono”, gerutu David yang merasa di intimidasi.
                Sebenarnya, sudah sejak lama makhluk itu menarik perhatianku. Senyumnya, sikapnya, tutur katanya, semuanya yang ada padanya sepertinya telah menghipnotisku untuk terbang ke alam bawah sadarku. Tepatnya sejak acara baksos yang diadakan Rohis. Nabilalah yang kebagian tugas untuk mengedarkan kotak amal di kelasku. Dia beda Bro sama cewek-cewek lain, apalagi sama cewek-cewek di kelasku yang kebanyakan kecentilan, sumpah bikin empet deh. Tapi setelah melihat kehadirannya di kelasku yang kayak gurun sahara itu tiba-tiba Gue seolah menemukan taman bunga yang asri dan nyaman untuk berteduh. Adem banget. Ternyata Gue baru sadar kalau tempat duduk yang Gue tempatin pas di bawah kipas angin. Pantesan. #plak
                Siang itu sepulang sekolah, pucuk di cinta ulam pun tiba. Kulihat Makhluk cantik itu lagi nungguin jemputan di depan gerbang sekolah, kuberanikan diri mendekatinya. Sedikit basa-basi  sebelumnya barulah setelah itu kucoba mengatakan kepadanya apa yang Gue rasakan selama ini. Busyet dah, Lu tau apa jawabannya? Gue di tolak! Skak mat Bro. Sempet bingung musti ngapain Gue langsung cabut tanpa ngomong sepatah kata pun sama Nabila. Gila, mau ditaruh mana ni muka, jelas-jelas remuk sudah perasaan ini, yang pasti langsung berefek ke muka Gue mendadak kusut kayak orang ngeden campur laper.
                Heran, baru kali ini Gue nemunin cewek sekelas hantu kayak Dia. Bawaanya selalu bikin takut plus pengen lari. Takut kehilangan plus pengen berlari buat ngejar cintanya. #cielah. Beneran deh coba aja Lu bayangin sepanjang sejarah kisah asmara Gue baru kali ini Gue susaaah banget ngedapetin tuh cewek. Gue kurang apa coba? Ganteng? Udah, maco? Gue banget, Baik hati? Apalagi. Kira-kira apa ya yang bikin Nabila gak mau nerima Gue?.  Mungkin ada benernya juga Gue dengerin apa kata David. Gue harus berubah. Liat aja besok.
***
                Keesokannya, Gue merasa lebih bersemangat dari hari-hari sebelumnya, segala atribut perubahan telah kusiapkan sejak semalam. Peci item, celana yang sengaja Gue jahit biar agak cungklang kayak anak-anak cowok Rohis, plus buku agama yang bakalan Gue tenteng kemana-mana ntar di sekolah. Oh Nabila, lihatlah perubahanku sekarang. Gak nunggu lama Gue langsung cabut. Tiba-tiba sms David menghentikan langkahku sejenak.
“Bro, Gue nebeng ya. Motor lagi masuk bengkel nih. Ntar Gue traktir deh”.
Berhubung Gue masih dalam euforia semangat, tanpa ba bi bu lagi Gue langsung meluncur ke rumah David. Sesampainya disana ada tatapan aneh yang dipersembahkan David ketika menyambut kedatanganku.
“Lu tadi kesini lewat mana Lang?”, tanyanya penasaran.
“Ya lewat jalan biasanya lah”,  jawabku sewot.
“Kirain lewat jembatan mana gitu, tumben rapian dikit”, katanya meyindir.
Tuh kan, Gue bilang juga apa? David aja terbengong-bengong ngeliat penampilan Gue. Apalagi Nabila. Haha
“Udah buruan Gue ada ulangan nih!”, jawabku asal.
***

                Persis seperti apa yang Gue duga, lihatlah tatapan kaum hawa di sepanjang koridor melihat tampilanku yang sekarang.
“Lu ngerasa ada yang aneh gak sih Lang?”, tanya David sambil garuk-garuk hidung yang gak gatel.
“So pastilah Gue ngerasa ada yang aneh, itu pasti tatapan kagum temen yang ngeliat perubahan Gue Vid”, jawabku bangga.
“Ha? Woi nyadar dong ! mereka itu ngeliat Lu dengan tatapan aneh bukan kagum kalee”, seru David senewen.
“Bodo amat, duh Gue udah gak sabar nih nunjukin perubahan Gue ke Nabila. Nabila… tunggu kedatangan abang ya”, batinku.
David geleng-geleng kepala mencemaskan kefanatikanku pada Nabila yang katanya udah masuk kategori garis keras.
                                                                                                ***
“Assalamu’alaikum Nabila…?”, sapaku padanya selepas sholat dzuhur.
“Wa..Wa’alaikumsalam”, jawabnya agak canggung, tuh kan Gue bilang juga apa? Nabila pasti kelepek-kelepek dengan perubahanku sekarang. #SuksesBro!
“Maaf, ada apa ya?”, tanyanya.
“Eh…Anu…”, duh saking senengnya aku jadi lupa mau ngomong apa.
“Anu Nabila, soal yang kemarin itu lupain aja ya.. hehe aku gak bermaksud…”.
Sebelum aku selesai ngomong eh dianya langsung nyahut aja Bro.
“Iya gak papa, aku udah lupain kok, permisi aku mau lewat!”.
Sumpah deh, Nabila cuek banget nanggepin tragedi ‘penembakan’ku padanya kemarin. Huh dasar mentang-mentang manis. Tapi nggak papa pikirku, toh perjuangan masih panjang.
                Suasana kelas siang ini riuh sekali, katanya sekolah bakalan ngadain MABIT. Biasa, acara anak-anak Rohis gitu, kata beberapa teman acaranya itu semacam malam bina iman dan taqwa khusus untuk siswa kelas 2. Tapi kalo menurutku nggak lebih dari sekadar Makan Bincang-bincang kemudian tidur. well, berhubung Nabila pasti menjadi pengurus di acara itu kuluangkan waktu terbaikku untuk mengikuti MABIT, hehe itung-itung kan bisa ketemu Nabila disana.
***
Saat acara mabit berlangsung…
Gila…! Kenapa yang hadir cowok semua? Mana ceweknya nih? Mana Nabilanya? Jangan-jangan Gue di boongin anak-anak. Awas aja kalo sampe ketahuan. Tiba-tiba kehadiran David menghentikan gerutuanku.
“Woi Lang, kesambet apa Lu? Tumben mau ikut acara Rohis?”, tanyanya keheranan.
“Nggak usah banyak cincong deh! Sekarang jelasin ke Gue, kenapa yang hadir disini cuma yang cowok doang? trus yang manis-manis mana nih?”, tanyaku.
“Lah gimana sih Lu Lang, kemaren kemana aje Bro? emang sekarang MABIT nya khusus buat yang cowok. Pasti Lu nggak baca undangannya ya, makanya yang dipikirn jangan cuma cewek. Haha” jawabnya sok tau.
“Haa? Yang bener aja Lu Vid. Males banget deh kalo kayak gini caranya”, jawabku.
Sebenarnya bukan pada banyaknya anak cewek yang ikut apa nggak, karena yang kucari Cuma satu. Dan itulah kenapa hatiku masih terpaut pada gadis manis berjilbab itu. Nabila.
“Yawis gak papa, santai aja Lang. kan masih ada Gue, hehe gini-gini Gue juga manis kok. Tinggal nambahin gula dikit”,  jawab david bikin enegh.
“Apanya yang manis, nyadar woii. Udah lah Gue mau keluar dulu aja. Lagian acaranya juga belum dimulai”.
“Mau kemana Lang?”,  tanya David.
“Terserah Gue” , jawabku ketus.
                Akhirnya kulangkahkan kaki ini menuju serambi Mushola, entah kenapa rasanya langkah ini ringan sekali menuju kesana. Kulihat jam ditangan pukul 17.26 menjelang maghrib. Setibanya disana, aku disambut oleh sosok Mas Faiz kakak alumni yang setauku dulu sudah aktif dipengurusan Rohis sejak kelas X.
“Assalamu’alaykum”,  sapa Mas Faiz sembari menjabat erat tanganku.
“Wa… wa’alaykumsalam” , jawabku agak gelagapan.
“Dek Airlangga ya?” tanyanya
“Iya” jawabku, dari mana dia bisa tau namaku ya? Perasaan gak pernah ngobrol sebelumnya. Tapi wajahnya emang gak asing sih kayak mirip seseorang.
“Kok malah disini? Bukannya kegiatannya di aula ya?” , tanyanya mengintrogasi.
“Eng.. anu Mas, mau wudhu”,  jawabku ngasal.
“Oh mau wudhu? Wah kebetulan, Airlangga sekalian Adzan ya? Ini Mas ada keperluan sebentar, kemungkinan bisa kesini lagi lewat waktu Adzan”, pintanya.
“Sa..Saya Mas?”
“Iya, bisa kan? mosok gak bisa? Yasudah saya duluan ya, Assalamu’alaykum!” , sembari berlalu meninggalkanku.
                Dan tinggalah aku kini sendiri di Mushola ini. Tanpa mengkonfirmasi lebih lanjut, eh Masnya main pergi gitu aja, dasar antagonis religius. “Terima gak ya?” Batinku dalam hati.  Lalu pertanyaan lain muncul,  “Ntar kalo jelek gimana nih? Apa Gue kabur aja kali ya?” Pertanyaan-pertanyaan itu mulai berkecamuk dipikiran ini. Kulihat kembali jam yang kini sudah menunjukan pukul 17.56 wib. Sudah memasuki waktu sholat Maghrib nih. Yowislah, apa boleh buat. Kumantabkan diri untuk adzan Maghrib petang ini.
                Tak menunggu waktu lama seusai adzan, hingga anak-anak peserta MABIT meluncur ke mushola. Setibanya disana sosok David segera menghampiriku dengan tampang aneh dan langsung menyentuh jidatku.
“Apaan sih Lu Vid? Maen sentuh-sentuh gitu agresif banget”, seruku sewot.
“Kirain Lu lagi anget gitu Lang? Gue gak salah denger kan tadi?” , tanyanya.
“Salah denger apaan?”,  tanyaku memancing.
“Ya itu tadi yang adzan? Tadi itu suaramu to Lang?”,  tanyanya dengan nada tak percaya.
“Emangnya kenapa Vid? Merdu kan?” , jawabku kepedean.
                David geleng-geleng kepala, terkaget-kaget dengan apa yang kulakukan petang ini. Aku sendiri merasa aneh, ada kesejukan usai sholat maghrib kali ini. Apakah ini yang disebut hidayah? Entahlah.
Lu mau balik lagi ke aula gak Bro?”, tanya David.
“Emang sekarang acaranya apaan?” jawabku kembali bertanya.
“Tadarusan”.
“Males ah, gue mau disini aja” , jawabku.
“Yee, kirain udah tobat.. ternyata  giliran diajak ngaji yo mung podo wae”, gerutu David.
“Udah sonoh kalo mau ke aula ya buruan!”, seruku dengan nada mengusir.
                David pun segera melenggang menjauh dari mushola ini, maaf Vid bukan maksudku mengusirmu. Untuk saat ini aku hanya butuh sedikit waktu menyendiri, mau merenungi diri Bro. kok tiba-tiba jadi melankolis gini ya?
“Assalamu’alaykum”,  sapa suara yang tak asing lagi kudengar.
“Eh Mas Faiz, Wa’alaykumsalam”, jawabku.
“Lhoh masih disini? Nggak balik ke aula po Lang?”,  tanya Mas Faiz.
“Enggak Mas, lagi seneng disini”.
“Nanti ketinggalan acaranya lho”.
“Iya nanti InsyaAllah balik kesana ba’da Isya’, ngomong-ngomong habis dari mana Mas? Kok baru balik?”
Oh, itu habis njemput les adekku Lang, maghrib-maghrib kan gak baik cewek pulang sendirian, sekalian tadi sholat di Masjid deket tempat les adekku”, jawabnya
“Oh..” seruku tanpa menimpali lebih jauh. Sudah kubilang kan kalo aku mau merenungi diri dulu.
“Kebetulan, mumpung ketemu kamu disini Lang, ada yang mau Mas omongin sama kamu, lagi ada waktu nggak?”, tanyanya membuat penasaran.
“Ngomong? Ngomong apa Mas?”
“Emm, jadi gini dibuat santai wae yo lang, sebenernya bukan maksud Mas Faiz mencampuri urusan kalian, tapi sebelum kalian melangkah lebih jauh akan lebih baik jika Mas sedikit memberi masukan.” Katanya.
Sek-sek Mas? Aku kok bingung ya Mas Faiz ngomong apaan?”
“Kamu kenal Nabila kan Lang, mungkin kamu belum tau ya kalo Nabila itu adek kandungku, yang barusan tak jemput. Nah kemarin pas tak jemput pulang sekolah, dijalan dia cerita ada ikhwan yang mendekatinya. Meskipun gak nyebut nama, sepertinya aku tahu ikhwan itu siapa, mungkin tadi pas ngeliat gelagat sama rambut ikalmu itu yang mirip banget sama ikhwan yang Nabila ceritain.” Katanya yang membuat tubuhku seketika luemes.
                Mau ditaruh mana nih muka? berhadapan langsung sama abangnya si manis. Pantesan Mas Faiz mirip seseorang, ya orang itu emang Nabila, adek kandungnya. Aku bungkam seribu bahasa, tak tahu harus ngomong apa untuk menimpali perkataan Mas Faiz. Ada rasa sesal, malu dan takut yang tiba-tiba semuanya melebur menjadi satu. Gimana nih? Jangan-jangan aku mau diapa-apain sama Mas Faiz. Kenapa si David kagak ngasih tau Gue sih dulu?. Dan benar saja.
“Gapapa kok Lang, yah Mas paham perasaan itu kan emang fitrah, tergantung bagaimana kamu mengendalikannya. Yang penting jangan tergesa-gesa mengekspresikannya, apalagi sampe kebablasan. Cukup Allah aja yang tahu, karena Allah pasti  gak bakalan menolakmu, dan mengecewakanmu, saat kamu berusaha mencari cinta dari selain-Nya, Allah pasti  nggak pernah berhenti memberimu karunia. Betapapun engkau telah membuat-Nya cemburu. Dan saat engkau berusaha untuk meminta maaf, engkau takkan pernah menyesal untuk meminta pada-Nya Lang. kamu percayakan kalo Allah menyayangimu?”. Begitulah penjelasan Mas Faiz yang menyejukkan.
“Iya Mas, maaf kalo kemarin saya lancang, saya nggak bermaksud…” sebelum kata-kataku selesai Mas Faiz kembali menimpali
“Nggak usah minta maaf ke Mas Faiz Lang, Mas gak papa kok, minta maafnya sama Allah aja ya. Hanya Dia Yang Maha membolak-balikkan hati seseorang, kalo jodoh gak kemana kok. Untuk itu pantaskanlah dirimu untuk seseorang yang bisa jadi juga tengah memperbaiki diri dan menantikanmu diluar sana.” Tambah Mas Faiz.
                Sepertinya omongan Mas Faiz ada benarnya, untuk apa aku mengejar Nabila jika Allah tak ridho? Sekuat tenaga aku mengejar cintanya, tapi Allah justru membuatnya cuek terhadapku. Yah, Setidaknya mata, hati dan pikiran ini telah terbuka untuk kembali menatanya menjadi hati-hati yang terjaga. Mas Faiz pun tiba-tiba pamit pergi setelah menyampaikan beberapa wejangannya tadi. Dan aku kembali sendiri di mushola ini.
                Ya Allah, sudah berapa jauhkan diri ini dari-Mu? Bisikku dalam hati. Tiba-tiba kerinduan pada-Nya ini semakin menjadi.  Kegersangan hati yang beberapa waktu kurasakan seolah-olah menguap tak bersisa, ada ketakutan yang muncul. Rasa takut tidak dicintai-Nya karena aku justru lebih banyak menyibukkan diri dengan memikirkan makhluk yang bernama Nabila itu.  Yah, aku mulai sadar perubahanku kemarin salah niat. Bukan untuk Nabila seharusnya aku berubah, tapi untuk-Nya yang memiliki Nabila. Kuputuskan untuk menjadi lebih baik mulai sekarang, semoga niat ini lurus karena-Mu Ya Allah. Agar seseorang yang tengah menantikanku diluar sana pun tak kecewa dalam masa penantiannya. Kulihat kepenjuru mushola ini, sepi. Nada-nada kesyahduan menyeruak menggetarkan hati yang telah dibasuh oleh hidayah dari-Nya. Ku ambil mushsaf yang sedari tadi ku acuhkan, kutenggelamkan diri bermunajat pada-Nya malam ini. Semoga Engkau senantiasa menjaga tiap jiwa-jiwa perindu perjumpaan dengan-Mu Ya Allah. [ada 47:7]
                “Dan sesungguhnya kepada Tuhanmulah kesudahan (segala sesuatu). Dan sesungguhnya Dialah yang menjadikan orang tertawa dan menangis. Dan sesungguhnya Dialah yang mematikan dan menghidupkan. Dan sesungguhnya Dialah yang menciptakan pasangan laki-laki dan perempuan”. [QS. An-Najm: 42-45]    

Spesial untuk adek-adekku sekalian di Rohis Al-Falaq SMA N 2 Bantul, hati-hati dengan hati ya. Yuk sama-sama merapat kembali dalam barisan ini, meluruskan niat kembali karena-Nya, berlomba dalam kebajikan dan saling menguatkan dalam ukhuwah ^^. Tepislah segala bentuk VMJ masa remaja menjadi momentum perbaikan diri. Sepakat? n_n/

               


               

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Merajut Cinta

Ketika Ikhwah Jatuh Cinta

Perkenankanlah Aku MencintaiMu Semampuku