Fiswan Oh Fiswan

Nulis Laporan Fisiologi Hewan itu emang butuh lingkungan yang mendukung. Ya bisa dibilang Mestakung gitu deh (baca: semesta mendukung). Mulai dari Ibu yang mendukung, waktu yang mendukung, kakak yang mendukung, adek yang mendukung, dan satu lagi keuangan yang mendukung. Hiks!
Dua minggu ini,  mahasiswa biologi semester empat lagi sibuk luar biasa karena diharuskan menyelesaikan 12 laporan praktikum Fisiologi Hewan yang telah berjalan selama satu semester ini. Sebenernya, dua-belas laporan yang kami kerjakan akan lebih mudah dilalui en diselesaikan kalo kitanya juga mau nyicil dari awal praktikum. Yah, mau gimana lagi Bro, emang dasar sifat alamiah dan bawaan kita-kita. So pasti udah gak usah pada tanya lagi ya kapan kami mengerjakannya. Rata-rata 3 hari sebelum batas akhir laporan itu dikumpulkan. Nah, kalo sampai itu laporan kagak selesai apalagi sampe gak dikumpulkan ke Bapak Dosen tercintah di waktu yang sudah ditetapkan, siap-siap aja deh kagak bakal dapat tiket untuk ujian praktikum Fiswan di akhir semester ini. Huhuhu sedih syekali.
Eh Ane baru inget, buat klarifikasi aje ye. Biar terlihat agak rajinan gitu, sebenernya bukan semata-mata karena alasan level kemalasan kami yang kebangeten aja  yang menyebabkan kami baru memulai mengerjakan laporan Fiswan itu H-3. The reason is, seluruh data yang digunakan pada laporan itu adalah data kelas. Jadi, kita kita harus nunggu seluruh data kelas ter-rekap dulu baru deh bisa ngerjain. Hahaha #dasar kebanyakan ngeles. :3
Belum habis sampai disitu, kondisi lingkungan yang mendukung diatas penting banget lhoo buat kita nyelesein laporan Fiswan. Jangan salah Bro! kondisi yang kagak mendukung itu bukan berarti ada orang yang ramai-ramai bikin spanduk penolakan: DILARANG NULIS LAPORAN PRAKTIKUM  FISWAN!.
Bukan! Bukan itu, cukuplah ketika kamu pengen ngerjain laporan tiba-tiba dari dapur Ibu bilang:
“Nduk, lagi banyak pesenan catering nih! Bantuin Ibu ngiris wortelnya ya, kalo sudah kentangnya juga, jangan lupa irisan kentangnya di rendam di air, terus habis itu dicuci yang bersih, oiya kulit sisanya jangan dibuang, dikasih ke kambingnya Bulik ya!” .
Atau secara tiba-tiba datang monster-monster kecil dari negeri antah berantah yang melakukan agresi militer I ke kamarmu dengan teriakan-teriakan mengerikan.
“Hiyaaaaa… Kyaaaa… Brug... Ayo kejaaar aku kalo berani,, gedubrak, klontang!” begitulah kira-kira gambaran audio ketika ketiga keponakanku tiba-tiba dititipin dirumah. Umminya kebetulan  menjadi Waka Kurikulum di tempatnya mengajar yang hampir setiap hari ada aja kerjaannya untuk mobile kesana kemari, sementara Abi mereka juga seorang kepala  bidang disalah satu Dinas Kesehatan di Kota Solo. Dengan kata lain, sama-sama sibuknya.
“Buuuu, Aku izin ngerjain tugas dulu yaa. Besok Senin dikumpulin nih!” pintaku memelas.
“Lah kan sekarang masih hari Jum’at to? Lagi gak kuliah kan?”
“Eng.. Enggak sih Buk”.
“Bentar deh Kak, itu kayaknya kelapa yang mau buat bikin apem belum diparut. Tolong diparutin dulu ya. Dikit kok cuma 3 glundung doang” 
Hiks rasanya pengen menyesal bilang hari ini gak ada kuliah.
 Astagfirullah, nggak boleh gitu ih sama Ibuk. You’re my everything Bu :*
Terus pas dapet waktu yang pas banget buat kabur ke kampus ngerjain laporan plus nyari referensi.
Bresssss! Hujan pun turun dengan derasnya.

Sabtu.
Yes  Weekend!! Selamat dari 3 kurcaci kecil itu, hari Sabtu biasanya Ibuk juga lagi sepi pesenan.
Ayo Mbul Semangat ngerjain laporan yang masih 10 praktikum lagi!!.
Lagi buka Lepi beberapa menit, tiba-tiba HP bergetar, eh dapet  WA dari Mbak Kandungku. Bunyinya kurang lebih begini.
“Nduk, hari ini lagi gak ada agenda kan? Bantu nganterin Farhat Mabit ya. Abi lagi Muqoyyam, Mbak lagi nyiapin perangkat buat penilaian pengawas nih buat besok Senin. Tolong ya Nduk, berangkatnya nanti jam 09.00 kok, nanti mampir minimarket dulu beli bekalnya Farhat”.
Aaaaaa… rasanya pengen triak sekenceng-kencengnya. Ini seriusan? Kalo kayak gini terus kapan seleseinya ini laporan. Mana dasar teorinya aja belum dapet semua.
Huhuhu, Alhasil aku pun sudah tak punya lagi alasan untuk menolak permintaan Mbak’ku itu. Karena setiap kali tolakkanku pasti selalu berujung pada petuahnya yang membungkamku tanpa kata.
Duh, maafkan adekmu ini ya Mbak yang sering susah ikhlasnya :’(.
Malem minggu ini sudah bisa ditebak, ya apa lagi kalo bukan berduaan sama laprak Fiswan. Pokoknya Aku sudah  berazzam ba’da  isya’ ini harus mantengin Lepi buat ngerjain itu Laporan yang udah terbengkalai, batas waktunya udah hampir habis, kurang dari 48 jam lagi laporan itu harus selesai!.
Pas buka Lepi en ngliat baterainya yang tinggal 7% langsung kelimpungan nyari charger sambil ngubek-ubek isi tas yang biasa kugunakan kekampus. Kayaknya kemaren tak taroh situ deh. Alhamdulillah meski sedikit ada ganjalan akhirnya ketemu juga.
Setelah memasangkan charger ke colokan.
Baru beberapa menit ngetik tiba-tiba
Pett, mati lampu!
Huaaaaaaaa bisa kena gangguan jiwa Aku kalo kayak begini terus.
Padahal temen-temen yang lain udah pada ribut di WA nyampe laporan ke 12. Lha aku? Baru nyampe laporan ke-3 aja masih di judulnya.
Langsung istighfar 1000x.

Ahad.
Aku mulai frustasi dengan laporan Fiswanku itu. Tinggal besok dan Aku belum juga beranjak dari laporan ke 3. Hari ini adalah jadwal ngaji pekananku. Ah sudahlah, kutinggalkan sejenak laporan  Fiswannya. Paling tidak Aku bisa menemukan ketenangan setelah nanti bertemu dengan temen ngaji dan Mbak Murabbiku. Siapa tau mereka ada solusi. Huhuhu
Pas curhat ke temen ngaji,
“Mbak Alfi, bantu doain Aku dong Mbak, biar laporan Fiswanku cepet kelarnya. Do’amu kan biasanya manjur Mbak. Apa perlu tak aniaya dulu po biar di ijabah?”
“Nggak mau Ah, ntar kalo Aku doain kamu malaikat juga bakalan doain Aku. Lah aku kan lagi nggak ngerjain laporan dek. Aku doain kamunya yang lain aja ya”.
“Mbaak Alfiiii…. Sakitnya tuh dimana-mana tauk. Hhhh aku Cuma bisa menghela nafas”.
Ba’da Ashar.
Kutenggelamkan diri ini merenung di Surau deket Rumah
“Ya Allah.. ampunilah hamba-Mu yang dzalim ini, banyak banget salahnya disana-sini. masih suka nunda-nunda mendirikan sholat. Kadang bolong-bolong lagi, eh, bolooooong banget target One day One juz-nya sama dzikir al-ma’tsurat (doa pagi dan petang)-nya juga, ya Allah kadang sering lupa.. Terus sering telat dateng ngajinya.. kadang bolos juga. Terus nggak nambah hafalan ayatnya, malah minus, ya Allah.”
“Ya Allah.. Akunya juga sering tidur pagi-pagi, habis Ashar juga kadang begitu, banyak bikin alasan, nggak manfaatin waktu luang, nggak suka baca juga. Hiks!” *Nah, lho! Ketahuan.
“Nggak sholat dhuha, apalagi sholat tahajudnya?” *Lengkap banget.
“Ampuni hambaMu ini, ya Allah!”
Istighfar 1000 kali.
Pelan-pelan aku mulai bebenah. Aku jadi inget kata Pak Budi, ustadz di Masjid Kampus pas kajian rutin tempo hari.
“Allah pasti akan menolong urusan-urusan kita melalui malaikat-malaikat-Nya jika kita senantiasa berdzikir kepada-Nya.” Biarlah laporanku memang belum selesai, tapi hatiku lebih tenang sekarang. Bismillah, masih ada 12 jam lagi. InsyaAllah selesai J


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Merajut Cinta

Ketika Ikhwah Jatuh Cinta

Perkenankanlah Aku MencintaiMu Semampuku